Sabtu, 15 Maret 2014

Tugas Individu Modul dan Simulasi (1)

Latihan Soal Individu pertemuan 1
  1. Apa yang dimaksud dengan model ?
  2. Apa yang dimaksud dengan simulasi ?
  3. Berikan contoh dan jelaskan mengenai jenis-jenis dari model dan perbedaannya ?
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan simulasi ?
  5. Kapan simulasi dapat digunakan sebagai pendekatan penyelesaian persoalan dan kapan tidak dapat digunakan ?
  6. Apakah perbedaan antara model stokastik & model deterministik dalam bentuk variabel input dan dengan cara menginterpretasikan hasilnya
  7. Apakah 2 karakteristik sistem yang menyebabkannya menjadi kompleks ?
  8. Apa yang menjadi prinsip-prinsip dalam pengembangan model ? Berikan contohnya ?
 Jawaban !!
  1. Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
  2. Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.
  3. Singh (2009) mengemukakan bahwa model dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis sebagai berikut:
    image
    Contoh model fisik statik adalah model bangunan yang dirancang oleh para arsitektur maupun teknik sipil. Model tersebut dapat berupa gambar maupun maket bangunan. Contoh model fisik dinamik adalah model pesawat (berukuran kecil) yang sedang dalam pengujian di ruang pengujian angin. Ruang pengujian tersebut berupaya mencontoh kondisi udara, kecepatan dan lain sebagainya dengan berbagai kondisi ukuran untuk menguji model pesawat yang akan dibangun. Contoh lain model fisik dinamik adalah model bangunan anti erosi yang akan dibangun di pantai. model bangunan ini sebelum dipasang di pantai memerlukan pembangunan dalam skala kecil (model) yang diuji dalam laboratorium dengan berbagai kondisi gelombang selama beberapa waktu.
    Model matematik merupakan imitasi sistem nyata dalam bentuk simbol-simbol matematik. Model matematik statik tidak mempertimbangkan waktu dalam pengolahan datanya sehingga sistem tidak berubah oleh waktu, sedangkan  model matemtik dinamik adalah sebaliknya. Contoh model matematik adalah model inventori (persediaan). Model persediaan ini ada yang statik yaitu yang data permintaan, data lead time diasumsikan berfsifat statik (deterministik), ada pula model persediaan dinamik dimana data permintaan, dan lead time bersifat probabilistik.
    Model komputer menurut Singh (2009) merupakan perkembangan lanjut dalam pemodelan karena seluruh model matematik baik statik maupun dinamik dapat dimodelkan secara lebih baik melalui komputer. Model komputer dinamik dapat kita lihat secara sederhana pada model permainan (game) yang meniru dunia nyata.
  4. Simulasi adalah proses yang diperlukan untuk operasionalisasi model, atau penanganan model untuk meniru tingkah-laku sistem yang sesungguhnya. Ini meliputi berbagai kegiatan seperti penggunaan diagram alir dan logika komputer, serta penulisan kode komputer dan penerapan kode tersebut pada komputer untuk menggunakan masukan dan menghasilkan keluaran yang diinginkan. Pada prakteknya, modeling dan simulasi adalah proses yang berhubungan sangat erat, dan beberapa penulis membuat batasan simulasi yang mencakup modeling. 
  5. Ketika suatu pemodelan telah dilakukan dan dihentikan ketika hasil simulasi terdapat kesalahan.
  6. Model Stokastik
    Mencakup distribusi kemungkinan untuk input dan memberikan serangkaian nilai dari sekurang kurangnya 1 variabel output dengan probabilitas yang berkaitan pada tiap nilai.
    Model Determistik
    adalah model simulasi yang tidak memiliki variable random dalam inputnya. Sebagai contoh, simulasi kedatangan pasien seorang dokter praktek yang telah diatur jadwal pelayanannya.
  7.  Input Dan output
  8. Prinsip dasar pengembangan model yaitu:
    a. Elaborasi merupakan model di mulai dari yang sederhana, sampai di dapatkan model yang repsentatif.
    b. Analogi merupakan pengembangan menggunakan prinsip-prinsip dan teori yang sudah dikenal luas
    c. Dinamis merupakan pengembangan mungkin saja terdapat proses pengulangan
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar